SD MUHAMMADIYAH 08 DAU

Beranda » Uncategorized » BELAJAR DARI KOTOR…

BELAJAR DARI KOTOR…


Banyak orang membenci sesuatu yang kotor, kotor selalu di identikkan dengan hal negatif dan tidak sehat, dan sangat sedikit yang mau berfikir tentang sebuah pelajaran dari hal kotor, salah satunya adalah SD MAPAN (Muhammadiyah 08 ) Dau.

IMG-20160723-WA0006

Hari ini sabtu, 23 Juli 2016 kelas-kelas di Kampus 1 dan kampus 2 SD MAPAN DAU jln. Ulil Abshor sangat sepi. Seluruh siswa mengikuti pembelajaran diluar kelas, ada tiga macam kegiatan yang diagendakan oleh Waka kesiswaan SD MAPAN DAU untuk hari ini yaitu : Mewarna, HW dan tanam strawberry seluruh agenda dilaksanakan serempak dengan penanggung jawab umum Ibu Siti Alfiyah, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD MAPAN DAU, hal ini yang disampaikan oleh Ibu Maskurniawati S.Pd selaku WAKA Kesiswaan SD MAPAN DAU.

IMG-20160723-WA0005

Terlihat Bapak-Ibu guru kampus 2 SD MAPAN sesekali mondar-mandir terlihat sangat sibuk. Riuh terdengar suara sorak hore siswa-siswi dari arah luar kelas tepatnya sisi selatan gedung kampus 2 SD MAPAN. Lahan kebun milik kampus 2 terlihat hijau dan kuning saat dilihat dari lantai 2 Gedung kampus 2 SD MAPAN namun tak bergeming sedikitpun saat tersapu angin, dari dekat makin jelas warna hijau kuning bukanlah tanaman, melainkan lautan siswa-siswi SD MAPAN yang mengenakan sragam kebesaran olah raga kuning hijau, kelas 2 dan kelas 6 yang sedang asik bermain kotor dengan tanah dan tanaman tapi kali ini mereka bukan sedang bermain-main melainkan bermain dan belajar tentang menanam tanaman strawberry, siswa-siswi memiliki pendamping masing-masing sehingga sangat mudah memahamkan mereka,

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

menurut keterangan yang diberikan oleh salah satu guru SD MAPAN wali kelas kelas 2, Ibu Ayunda S.pd  kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan anak tentang pentingnya cinta lingkungan sekaligus bekal ketrampilan bagi mereka untuk memahami cara yang baik dan benar menanam strawberry, media yang dibutuhkan adalah tanah, pupuk, polibek, air, botol bekas dan bibit strawberry, beliau menambahkan bahwa keseluruhan media telah disediakan oleh sekolah, terutama campuran media pupuk telah disiapkan satu hari sebelum hari pelaksanaan oleh guru-guru yang sangat hebat dan penuh semanagat beliau-beliau adalah ( Bapak kasman darmoleksono S.Pd, Ibu Maskurniawati, S.Pd, Ibu Noor Jama’ah S.Pd, Ibu Ayunda S.Pd, Ibu Firul Arinda, S.pd, Ibu Rubiyah, S.Pd, Ibu lailatul Mujayyanah, Bapak Prayit dan Bapak Solikin) , sedangkan bibit strawberry didapatkan dari sumbangan salah satu guru SD MAPAN. Seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan hingga slesai, hati senang belajar dan mendapat ilmu barangkali itulah yang mereka rasakan.

          Tak kalah riuhnya dengan kampus 2, halaman kampus 1 SD MAPAN DAU dipenuhi yel, yel dan tepuk HW (Hizbul Wathan ), kegiatan ini dimaksud membentuk jiwa kepemimpinan, disiplin, keberanian dan hidup bersahaja, di pandu oleh Ramanda (Sebutan untuk pembina HW laki-laki) Dhany Ashari, S.Pd, Ramanda Dhian Dhermawan, S.PdI, Ramanda Qoyyim, S.PdI, Ramanda Maulana, S.Pd, Ramanda Basuki, S.Pd,  Ibunda (sebutan untuk pembina HW perempuan) Titik Dwi Arini, S.Pd, dan Ibunda Supraptiningsih, S.Ag. hari ini materi HW tentang upacara pembukaan HW untuk kelas 4 dan 5.  Dibawah terik matahari para atfal (Sebutan Anggota HW) bernyanyi bertepuk dan gembira.

IMG-20160723-WA0007

         Berbeda dengan suasana halaman kampus 2 yang begitu riuh, terlihat beranda Masjid Ar Roudah penuh dengan siswa-siswi kelas 1 namun sangat hening. Ssst!!! Adik-adik kecil kita ditemani oleh wali kelas 1, bu susi S.pd, Bu Susi, S.PdI, Bu Putri, S.Pd, Bu Nurita Swerly, S.Psi dan Bu Asmaul Husna, S.PdI  sedang berkonsentrasi tinggi, masing-masing mereka memegang pewarna, buku gambar dan tidak ketinggalan sebotol air putih sehat menemani mereka yang sedang sangat asik mengikuti bimbingan Mewarnai hasil kerjasama antara SD MAPAN DAU dan FABER CASTLE, mewarna membentuk imajinasi siswa, mengasah ketelitian, ketekunan, keuletan dan kesabaran. Hingga matahari mulai meninggi hampir berada diatas kepala, seluruh agenda siswapun dapat dilalui dengan sukses, mobil antar jemput siswa-siswi SD Muhammadiyah 08 dau telah bersiap mengembalikan siswa-siswi kepangkuan keluarga dengan pengalaman baru mereka hari ini. Sampai bertemu lagi anak-anakku pada hari senin….. terlihat beberapa guru melepas kepulangan mereka dan semoga pembelajaran hari ini menjadi salah satu sarana untuk menghantarkan putra-putri terbaik ini menjadi Ilmuwan, Dokter , Pemimpin bangsa, wiraswasta yang tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Syari’ah. Sesuai Misi SD Muhammadiyah Membentuk Generasi Berprestasi dan berwawasan Global. Aminnn


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: