SD MUHAMMADIYAH 08 DAU

Beranda » Uncategorized » GURU HARUS BELAJAR MENULIS…

GURU HARUS BELAJAR MENULIS…


Murit belajar untuk sekedar mengerti, sedangkan guru belajar untuk meningkatkan potensi agar mengajarkan sesuatu lebih berisi lagi, mengajar bukan sekedar menyampaikan namun yang terpenting bagaimana mampu diresapi siswa dan  teraplikasi dalam kehidupan mereka dengan baik, Untuk itu gurupun harus rajin mengasah kemampuan salah satunya yang dilakukan oleh bapak-ibu guru SD MAPAN, pagi ini bapak-ibu guru mengikuti pelatihan guru se Kabupaten Malang yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Malang. Namun demikian seluruh agenda pembelajaran tetap berjalan seperti biasa. SD MAPAN tetap mewajibkan siswa-siswi mengikuti pembelajaran sebagaimana biasa, MURIT BELAJAR GURUPUN JUGA BELAJAR…

            Suasana Graha Cakrawala milik Universitas Negeri Malang (IKIP) pagi ini penuh sesak oleh Guru se kabupaten Malang, termasuk didalamnya Bapak-Ibu Guru SD MAPAN yang sejak jam 6 pagi ini telah meninggalkan rumah untuk menambah ilmu. Bapak-Ibu guru SD MAPAN ikut bersesak ria diantara ribuan Guru Se Kabupaten Malang dengan seragam putih hitam PGRI. Meskipun berangkat cukup pagi dengan bangunan graha Cakrawala yang demikian luas nyatanya tak mampu menjamin bangku depan kosong, padahal kami sangat berharap dapat mengikuti pelatihan dengan kursi paling depan sehingga bisa mengikuti materi dengan lebih baik. Terlihat jajaran kursi tengah masih terlihat longgar kamipun segera mengisi tempat, sekitar pukul 7.30 acarapun dimulai dibuka oleh Bupati Kabupaten Malang, Bapak H. RENDRA KRESNA, dalam sambutan beliau yang tidak begitu panjang beliau menyampaikan bahwa Guru itu digugu dan ditiru, jadi Guru harus mampu menjadi teladan yang baik bagi siswa, beliau juga menyampaikan bahwa siswa juga harus dibiasakan menulis sejak dini, kebiasaan menulis bisa diwujudkan dari hal-hal ringan, beliau memberikan contoh : menulis puisi, menulis cerita, mencatat kegiatan harian dan lain-lain dan harus diawali dari Guru, karena guru adalah teladan bagi mereka, ,maka Guru harus bisa menulis!

          Dalam acara pembuka pelatihan Guru yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten malang, Bapak nomor satu di kabupaten Malang dan masih menjabat sebagai Bupati kabupaten Malang periode ke dua ini menambahkan dalam sambutannya , ada empat type Guru : Guru Biasa, Guru Unggul, Guru Profesional dan Guru Hebat, Guru hebat adalah guru yang mampu menjadi inspirasi bagi orang lain terutama siswa-siswi, beliau berharap Guru-guru di Kabupaten Malang mampu menjadi Guru Hebat.

    Acara pembuka usai, selanjutnya saatnya Bapak-Ibu Guru Lebih memfokuskan diri menyimak dan mencatat, Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi penting pendidikan bertema ” Dengan Soliditas dan Solidaritas Profesionalisme Guru dalam menghadapi MEA melalui peningkatan hasil karya ilmiah Guru”, didepan telah hadir pakar-pakar pendidikan berskala Nasional, Pemateri pertama : Prof. Nyoman S.Degeng, beliau menyampaikan tentang Peningkatan Profesionalisme Guru melalui penulisan karya ilmiah, dalam kalimat pembukanya beliau menyampaikan bahwa indikator keberhasilan guru mengajar adalah membuat anak sejahtera, pembelajaran harus santai, menakjubkan, menyenangkan, menggairahkan dan menjadikan siswa jiwa raganya damai bersama guru. Pemateri kedua Prof. Nurul Ulfatin, beliau akan menyampaikan tentang Tekhnik Prosedural penulisan karya tulis ilmiah. Dan Pemateri Ketiga : Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, Msi, beliau akan menyampaikan tentang Tekhnik penulisan artikel Jurnal. Seluruh acara diperkirakan usai pada pukul 13.00 Wib.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: