SD MUHAMMADIYAH 08 DAU

Beranda » Uncategorized » SABER-LING

SABER-LING



SD MAPAN- Sabtu, 08 Maret 2017  Seluruh siswa-siswi, guru dan karyawan SD MAPAN pagi ini berkumpul dihalaman sekolah, di jam 08.00 WIB biasanya mereka sudah berada dikelas dengan memegang buku dan bulpoin, tapi pagi ini mereka memegang kresek sampah, sapu lidi, cikrak (red. Cikrak, pengeruk sampah dalam bahasa jawa), ada yang berbeda rupanya dari hari biasa, ternyata tema kegiatan SD MAPAN pagi ini (SABER-LING) Sapu Bersih Lingkungan. Ibu Firul Arinda selaku guru olah raga ditemani bapak-ibu guru Wali Kelas memberikan Arahan dan pembagian tugas kepada siswa.

Menurut salah seorang guru yang juga terlihat ikut aktif mondar-mandir selama kegiatan ini berlangsung,  Ini adalah bentuk pendidikan siswa untuk menanamkan cinta dan perduli terhadap lingkungan yang diawali dari belajar perduli terhadap lingkungan sekolah. Karena lingkungan yang baik adalah lingkungan yang dapat memberikan motivasi terhadap siswa dalam pembelajaran yang diberikan. Sekolah merupakan miniatur social dimana saat mereka dibiasakan perduli kebersihan sekolah, maka tentu harapannya kebiasaan itu akan terbawa hingga di lingkungan social yang lebih besar. Saberling juga merupakan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter )

Dalam kegiatan ini secara garis besar siswa dibagi dalam beberapa tim kegiatan, SABER EXTRACTOR, SABER SWEEPER, DAN SABER COLLECTOR. Setiap tim memiliki tugas yang berbeda, saber extractor bertugas membersihkan rerumputan liar yang tumbuh di sekitar sekolah, saber sweeper membersihkan bertugas sampah sisa-sisa pencabutan dan sampah lain yang selanjutnya keseluruhan sampah dikumpulkan pada satu tempat yang sama oleh tim saber collector.

Seluruh tim terlihat secara kompak bergerak bersama sesuai tugas masing-masing dipandu oleh bapak ibu guru dan karyawan. Seluruhnya terlihat suka cita bekerja sama saling bahu membahu untuk wujudkan sekolah bersih. Setelah sekolah bersih kegiatanpun ditutup dengan cuci tangan bersama sebagai wujud cinta diri sendiri, dan seluruh siswapun mendapat waktu istirahat sejenak setelah kemudian dilanjut kegiatan extrakurikuler. (Piyo)*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: