SD MUHAMMADIYAH 08 DAU

Beranda » PROFIL SEKOLAH » SEJARAH BERDIRI

SEJARAH BERDIRI

Historycal of SD Muhammadiyah 08 Dau.

Sejarah berdirinya SD Muhammadiyah 08 Dau ini kurang lebih dimulai tahun1967   di daerah dusun Jetis. Dimulai dengan dikenalkannya Muhammadiyah oleh 2 tokoh Pendiri / Founding Father, Yaitu Almarhum Bpk. M. Zuhri dari Yogyakarta dan  Bpk. M. Anshor dari Malang. Semula kedua tokoh ini mulai memperkenalkan Muhammadiyah kepada beberapa tokoh MASYUMI dan petinggi Jetis, salah satunya adalah Almarhum Bpk. Mardjan dan Kyai Kusni.

Almarhum Bpk. Zuhri dan Bpk. M. Anshor ini mencoba mendekati kedua tokoh dan petinggi Jetis tersebut dengan meminta bantuan kepada Bpk. Abdul Hamid dari PENDEM sebagai perantara. Karena pada waktu di daerah Karangploso khususnya PENDEM sudah mengenal dan berdiri Muhammadiyah. Dan kebetulan pula bapak Abdul Hamid kenal baik dengan Alm. bapak Mardjan dan kyai Kusni. Gayung bersambut ternyata para pemuda dusun Jetis (H. Yahya, H. Djuwahir, H. Achadun) juga sepakat dengan golongan tua dan siap untuk mendukung pergerakan Muhammadiyah.

Singkat cerita karena semula daerah Jetis khususnya di sekitar Masjid Al-Furqon dan sekitarnya dalam praktek Ibadah Muamalahnya pada dasarnya juga sepaham dengan Muhammadiyah, maka sejak tahun 1967 itulah Muhammadiyah secara resmi berdiri. Alhamdulillah pada tahun itu pula mulai ada amal usaha REAL dari Muhammadiyah, yaitu dengan mendirikan lembaga pendidikan di tingkat Taman Kanak-Kanak / TK yang dinamai TK Margobasuki. Sejak pendirian dan mulai berjalan, ternyata TK Margobasuki banyak sekali peminatnya.  Padahal semula, TK tersebut belum memiliki lokasi, sehingga untuk beberapa waktu lokasi TK tersebut ditempatkan pada 3 lokasi. Lokasi pengajaran TK tersebut di rumah Alm. Bpk. Mardjan, Alm. Bpk. H. Samiun, Bpk. Kamidi.

Seiring dengan semakin berkembangnya amal usaha TK Margobasuki yang merupakan cikal bakal berdirinya TK ABA I, maka para pendiri dan tokoh Muhammadiyah di Jetis mempunyai suatu cita-cita mulia untuk mendirikan Sekolah Dasar dengan tujuan untuk menampung lulusan dari TK ABA I. Alhamdulillah cita-cita tersebut segera terealisasi dengan diwakafknya tanah milik Alm. H. Tamsir dan Alm. Mardjan. Dan tidak menunggu lama akhirnya segera direalisasikan cita-cita luhur tersebut. Alhamdulillah kurang lebih tahun 1969 TK ABA I bisa menempati lokasi yang  baru walau masih dalam tahap pembangunan. Dimana lokasi semula ,  yang saat ini ditempati oleh SMP. Dan pada tahun itu pula berdirilah lembaga pendidikan Sekolah Dasar yaitu SD Muhammadiyah.

Dalam proses pembangunan Alhmadulillah pendanaan bisa terealisasi dengan sumbangan-sumbangan atau bantuan dari donatur dan masyarakat Jetis dan sekitarnya yang simpatik kepada pergerakan Muhammadiyah di daerah Jetis. Dalam pendirian bangunan ini tidak terlepas dari peran para pendiri, tokoh, petinggi, pemuda daerah Jetis.

to be continued …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: